Kamis, 15 Juli 2010

Kura-kura Galapagos

Kura-kura Galapagos yang telah lama punah “hidup” kembali. Kabar gembira ini datang dari sekelompok ilmuwan yang tergabung dalam Akademi Sains Nasional Inggris. Mereka menemukan keluarga Geochelone elephantopus dalam keadaan hidup. Rencananya, spesies ini akan dikimpoisilangkan sehingga menghasilkan spesies yang telah punah.

Persebaran kura-kura serumpun di Galapagos ini membuktikan kebenaran teori Darwin mengenai evolusi. Sebenarnya terdapat sekitar 15 spesies kura-kura Galapagos, namun 4 telah punah dua dekade setelah Darwin melakukan kunjungannya ke pulau tersebut. Kepulauan ini dihuni banyak spesies langka yang tidak ditemukan di belahan dunia lain.

Menurut Gisella Caccone dari Yale University, memang ada kemungkinan kembalinya spesies-spesies yang telah hilang. “Kami mungkin membutuhkan tiga atau empat generasi untuk melakukannya. Secara teori, hal itu dapat dilakukan. Dan saya pikir sangat menarik untuk mengembalikan makhluk yang telah lama hilang,” ungkapnya.

Kura-kura Galapagos membutuhkan 25 tahun untuk melahirkan generasi baru. Menemukan familinya merupakan langkah maju, namun menggunakan gen yang ada untuk mengembalikan si kura-kura dari kepunahan memerlukan usaha ekstra.

Tim peneliti berusaha mencari famili-famili yang lain yang membawa gen elephantopus. “Kami harus melihat karakter masing-masing dan mengelompokkan tipe-tipe gen,” ujar Dr Caccone. Meski proyek ini telah dimulai, namun hasil akhirnya masih harus menunggu.

0 komentar:

Posting Komentar