Senin, 02 Agustus 2010

jalur mudik

Lebaran atau Idul Fitri 2010 kembali akan diwarnai mudik masyarakat terutama dari kota ke kampung, dan yang dominan adalah dari Jawa ke luar Jawa, lebih spesifik dari ibukota Jakarta ke kota lainnya. Mudik lebaran adalah menggambarkan secara tegas adanya sentralisasi berbagai bidang terutama ekonomi. Mudik lebaran menyodorkan fakta bahwa pembangunan di Indonesia belum merata hingga ke pelosok daerah. Orang-orang mengantungkan hidupnya ke kota. Sebuah negeri primitif.

Ok lupakan sentralisasi dan negeri primitif diatas. Faktanya dari sekarang dimana bulan puasa atau Ramadhan 1431 H pun belum tiba, berbagai pihak terutama pemerintah sudah bersiap sedari dini menghadapi gelombang arus mudik 2010 ini. Diantaranya seperti pembaharuan peta mudik 2010, perbaikan jalan di jalur mudik, fasilitas pendukung seperti pos dan posko mudik hingga persiapan pengamanan dsb.

Seperti yang saya simak di Karawang, yang kemungkinan besar seperti tahun kemarin akan jadi jalur lintasan mudik Jalur Pantura dari Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur, jalan-jalan hingga saat ini masih dalam perbaikan, bahkan beberapa ruas diperkirakan tidak akan selesai hingga arus mudik berlangsung.

Jadi, selamat melakukan persiapan mudik bagi para petugas atau bagi Anda yang mau mudik! Nanti mudah-mudahan diblog ini atau blog saya yang lain, saya akan update info seputar

0 komentar:

Posting Komentar